Facebook

Cara Mengatasi Anak yang kerajingan game online

Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online
Oleh : Ida Bagus Gede Tirta Yoga Yatindra
Rabu, 07/2/2013

                Game adalah suatu media hiburan yang sangat diminati oleh anak – anak. Game dapat menjadi teman dunia maya bagi anak – anak yang cenderung merasa game lebih mengasikan ketimbang bermain dengan teman sebaya. Pengaruh psikologis yang sangat dominan pada anak – anak usia belia cenderung dimulai dari tokoh animasi yang dia lihat di video game.
                Game Online adalah media hiburan yang sama dengan Game biasa namun dalam hal ini diberikan sistem tambahan berupa komunikasi melalui jaringan internet.
               
                Awalnya maksud kedatangan game online ini agar anak – anak yang berada diseluruh pelosok dunia bisa saling berkomunikasi melalui game – game seperti ini. Tapi setelah kita lihat pada kenyataaan mereka malah asik dengan teman dunia maya tanpa menghiraukan lingkungan mereka.

Faktor anak kecanduan game & game online :

1.       Biasanya anak yang kecanduan adalah seseorang yang kesepian dan merasa teman di game itu lebih baik dari lingkungannya
2.       Game play yang asik bisa juga menjadi salah satu faktor pembuat anak – anak kecanduan.
3.       Perlombaan antar teman dapat menyebabkan anak tersebut terus berjuang untuk mencapai yang terbaik dalam game tersebut. Bisa kita anggap seperti persaingan di sekolah.
4.       Anak – anak juga merasa menghasilkan uang untuk jajan tambahan itu adalah sesuatu yang membuat orang tuanya bangga. Sehingga dia menghabiskan waktunya di tempat game untuk menghasilkan id/character yang bagus untuk dijual dengan harga tinggi. Tapi, sebenarnya perjuangan yang dia keluarkan dengan harga id tersebut sangat tidak seimbang.
5.       Orang tua yang ingin anaknya aman, sifat orang tua yang protektif biasanya melakukan apa saja untuk anaknya agar dia diam di rumah, salah satu caranya dengan membiasakan anak bermain game di rumah, ini adalah cara yang salah dan sangat tidak boleh ditiru orang tua. Game dapat merubah psikologis anak usia belia jadi jangan dibiasakan untuk bermain game, karena dapat menimbulkan dampak fatal saat beranjak dewasa seperti :
-          Berpikiran keanak – anakan
-          Suka menghayal menjadi tokoh animasi di video game
-          Pikirannya selalu seputar game
-          Jarang berinteraksi karena faktor perlindungan dari orang tuanya yang berlebihan
-          Ketergantungan akan video game baik offline atau online

Diatas adalah faktor umum yang menjadikan seorang anak kecanduan game online, dan berikut efek dari kecanduan game & game online :

1.       Anak akan lebih sering pergi ke warnet/tempat game ketimbang bermain dengan teman sebayanya di lingkungan rumahnya.
2.       Anak akan gelisah apabila orang tua menghalanginya untuk bermain game.
3.       Keadaan tubuh biasanya agak menurun karena terpapar radiasi terlalu lama dan terkadang tidak makan karena keasikan.
4.       Sekolah terbengkalai, biasanya ini dikarenakan fakto nomo1,  3 dan 4
5.       Jarang bersosialisasi di lingkungan mereka
6.       Apabila mereka sudah tingkat yang lumayan parah, mereka bisa menggap diri mereka sebagai tokoh game tersebut dan mulai memungkiri realitas kehidupan mereka

Mungkin pembaca yang sebagai orang tua lumayan takut atas faktor dan efek diatas, dan jangan pembaca mengambil langkah seperti :

1.       Menghentikan secara paksa game tersebut
2.       Memaksa belajar terus – menerus.
3.       Mengancam anak tersebut dengan hukuman akibat dari penurunan prestasi

Coba apabila anda menjadi anak tersebut, bukan mendapatkan prestasi tapi mendapatkan frustasi. Itu adalah tindakan yang terkadang bisa membuat kita frustasi, gangguan mental, gelisah dan sebagainya.

                Sejak saya masih duduk di kelas 3 SD hingga SMA ini saya masih memainkan game online, dan saya pernaj juga merasakan kecanduan, gelisah dll. Saya memiliki beberapa tips orang tua, serta individu itu sendiri dalam mengatasi hal ini.

Orang tua :

                Ini beberapa tips untuk anak yang sudah kecanduan game online.

1.       Manfaatkanlah titik bosan
Semua orang di dunia memiliki titik bosan, ini adalah cara terbaik tapi juga memakan waktu yang lama. Dalam mencari titik bosan anak tersebut, orang tua harus berperan aktif terutama dalam mengerti dan menjaga individu tersebut.
·         Mengerti
Anak dekat dengan pemain game di internet, dan untuk orang tua tidak ada salahnya ikut bermain dengan catatan “jangan ikut kecanduan”. Orang tua ikut bermain hanya sebatas untuk mengerti unsur – unsur dalam game tersebut.
Catatan :
-          Ingat untuk tidak menyeleksi game terlalu detail karena zaman berubah serta pemain dalam game juga dari segala usia.
-          Apabila terdapat unsur pornografi seleksilah di bagian ada telanjang/tanpa busana dan adegan sex
-          Untuk berpakaian seksi, tidak harus di game, dimanapun sekarang sudah begitu. jadi kalau anda menghalangi anak anda bermain karena hal – hal yang sebenarnya sudah umum, itu hanya membuat masalah kemudian yang bisa berdampak pada psikologis serta sikap anak terhadap orang tua.
·         Menjaga
biarkan mereka bermain,tapi orang tua berkewajiban untuk menjaga mereka.
                                                                                                                                                                        
Simple saja halangi apapun yang bersifat jahat/merusak, ingat jangan halangi anak untuk explorisasi melalui game & game online karena mereka memiliki segi positif yang cukup banyak dan sangat membantu

2.       Ajak anak untuk melakukan aktivitas yang lebih mengasikan
“Diatas langit ada langit”, begitu juga dengan game & game online itu memang asik. Tapi, pasti ada yang lebih mengasikkan. Orang tua harus berusaha mencari sesuatu yang lebih mereka minati ketimbang game tersebut.
               
Saran :
-          Mendekatkan dengan lawan jenis, khusus yang remaja pasti lebih mendengarkan lawan jenis yang sebaya atau lebih akrab dikenal dengan pacarnya. Ini bisa menjadi faktor yang ampuh untuk menghilangkan kecenderungan anak kecanduan game online. (untuk hal ini kembali ke ijin orang tua)
-          Mengajak untuk melakukan aktivitas favoritnya, tentunya selain game online.

Individu :
               
                Untuk individunya sendiri mungkin ini tips yang bersifat psikologis, mohon untuk dibaca individunya sendiri.

Tips :
-          Tetaplah berada di realitas hidup karena game hanya tambahan
-          Game bukan penghasil uang
tapi sarana menghabiskan uang. Jadi tidak ada judulnya game itu sumber kehidupan kecuali kamu buat sendiri dan mendapat loyalti game tersebut
-          Arahkan diri ke arah yang lebih maju
saya sendiri membuat ebook, blog, dan lain  - lain dari keinginan saya membuktikan bahwa game dapat membuka jalan kita untuk menggapai sukses. Tanamkan dalam diri anda untuk menggunakan game sebagai sarana mempelajari teknologi dan hingga menciptakan sendiri, karena banyak programer yang sukses yang awal mulanya bermain game.
-          THINK, PROGRESS, SUCCSESS
Ingatlah berpikir maju dan melakukan aksi dalam kehidupanmu untuk menggapai kesuksesan. Ingat jangan lupa untuk merubah pola pikir dari yang bermain menjadi pembuat.


Saran :
-          Jangan pernah menyelesaikan suatu masalah dengan mainset yang kaku, seperti masalah A harus penyelesaiannya B. Biasakan untuk berpikir fleksibel.
-          Jangan menchalange anak dengan kata – kata “coba hasilkan uang”, anak – anak mudah terpacu dan juga terfokus. Jadi, karena tiga kata diatas anak bisa meninggalkan kewajibannya untuk memenuhi tantangan dari orang tuanya.
-          Ingat untuk berpikir maju. “banyak jalan menuju roma” artinya banyak jalan menuju sukses. asalkan kita mau berpikir maju atau merubah mainset dari yang menghabiskan uang menjadi bisa menghasilkan uang berlipat – lipat, maka saya yakin anda bisa menjadi seorang yang sukses.



               





Get free daily email updates!

Follow us!



Diposting Oleh : tirta yoga ida bagus ~ Kunaruhblog

Artikel Cara Mengatasi Anak yang kerajingan game online adalah artikel untuk semua orang tanpa terkecuali, dan semua blogger patut dihargai jadi saya harapkan tolong untuk memberikan link tautan atau link sumber http://kunaruh.blogspot.com, terima kasih :)

0 komentar:

Poskan Komentar